Selamat kami ucapkan kepada peserta yang lulus kebabak semifinal, Silahkan tuliskan pesan dan kesan adek-adek sebagai bahan masukan dan kritikan bagi kami. .

Jumat, 02 April 2010

Latar belakang dan Tujuan

A. Latar Belakang Kegiatan

1. Lomba Biologi

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dewasa ini merupakan suatu hal yang tak dapat dibendung lagi. Hal ini didorong oleh publikasi yang begitu pesat dalam masyarakat, baik melalui media cetak maupun media elektronik. Seiring dengan kemajuan tersebut, tuntutan akan sumber daya manusia yang berkualitas menjadi semakin nyata dan jelas. Tujuan ini dapat dicapai dengan jalan, salah satunya adalah peningkatan mutu pendidikan.

Sumber daya manusia yang potensial dalam bidang pendidikan ditujukan pada tingkat Sekolah Menengah Tingkat Pertama, Sekolah Menengah Tingkat Atas dan Perguruan Tinggi. Manusia yang dihasilkan merupakan output yang siap diterjunkan ke masyarakat dan melakukan persaingan yang sehat dalam lingkungan masyarakat. Oleh karena itu persiapan generasi muda yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan tanggung jawab besar yang harus dilaksanakan oleh lembaga pendidikan.

Generasi muda yang menjadi salah satu penentu keberadaan bangsa Indonesia di masa yang akan datang dituntut untuk lebih peduli dan peka terhadap kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Khususnya dengan cara peningkatkan penguasaan, pemahaman dan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Seiring dengan hal tersebut, perlu diadakan suatu kegiatan yang bisa menyalurkan dan mengembangkan kreatifitas para generasi muda salah satunya melalui kegiatan Lomba Biologi Tingkat SMA dan SMP se Sumatera Barat.

2. Seminar Nasional Kesehatan Reproduksi

Permasalahan seputar seks merupakan permasalahan yang sangat tabu dibahas di lingkungan masyarakat. Apalagi Indonesia yang menganut paham budaya timur, masalah ini sangat jarang sekali dibahas. Tetapi, orang yang buta akan permasalahan seks, juga tidak baik. Karena berbagai macam masalah yang tidak bisa terselesaikan jika mereka tidak mengetahui konsep-konsep yang menjadi dasar berpikir. Padahal, jika dipandang dari sisi ilmu, masalah seks juga sangat penting untuk diketahui.

Apalagi masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Sumatra Barat masih menganggap masalah ini belum layak untuk dibahas. Ada beberapa hal yang membatasinya. Diantaranya adalah adat istiadat masyarakat Minangkabau yang cenderung introvert (tertutup).

Berbagai macam kemungkinan yang bisa muncul jika pengetahuan tentang seks ini sangat minim. Salah satunya adalah muncul dan berjangkitnya Penyakit Menular Seksual (PMS). Memutus mata rantai penyakit menular seksual ini tidak bisa dipisahkan dari generasi muda.

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang demikian pesat ditunjang oleh rasa ingin tahu yang menggebu-gebu menjadikan kalangan generasi muda sebagai kelompok yang rentan terhadap penyebaran penyakit menular seks. Karena dorongan kedua hal tersebut, dapat menyebabkan terjadinya perilaku-perilaku menyimpang yang dilakukan, termasuk dalam seks bebas dan berganti-ganti pasangan.

Selain itu, generasi muda juga rawan dalam hal penggunaan narkoba. Dalam kaitannya dengan penyakit menular seks, pengguna narkoba dengan jarum suntik terutama, sangatlah mudah sebagai media penularan PMS. Hal tersebut dikarenakan biasanya pecandu narkoba menggunakan jarum suntik secara bergantian, padahal jarum suntik yang telah dipakai tersebut tidak aman dan tidak steril.

Untuk itulah, rasanya sangat perlu untuk kembali meluruskan konsep mengenai permasalahan seputar seks ini. Agar dikemudian hari tidak terjadi kesalahan dan penyelewengan mengnai seks. Maka, kami terinspirasi untuk mengadakan seminar mengenai permasalahan seputar seks dengan tema “Keep Away From Free Sex By Sex Education. Mudah-mudahan melalui seminar ini, kita bisa menciptakan gnerasi muda yang sehat, baik secara jasmani dan rohani serta terhindar dari penyakit menular seksual.

B. Tujuan
  1. Tujuan Lomba Biologi

a. Mewujudkan pemahaman yang benar terhadap konsep dan ilmu Biologi

b. Meningkatkan penguasaan dan keterampilan dalam teori maupun praktek Biologi bagi siswa Sekolah Menegah di Sumatera Barat.

c. Sebagai wahana bagi siswa Sekolah Menengah untuk berkompetisi dalam bidang Biologi

  1. Tujuan Seminar Nasional Kesehatan Reproduksi:

Memberikan pemahaman yang tepat tentang kesehatan reproduksi bagi mahasiswa,guru dan masyarakat umum lainnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered by